Sabtu, 23 Agustus 2014

Harga pala di Aceh Selatan turun

ACEH SELATAN-Sejak menjelang puasa, harga pala basah di Aceh Selatan mengalami penurunan. Entah ada kaitan atau tidak, menjelang pemilu presiden, harga pala basah mencapai angka Rp. 27 ribu per kg. Sebelumnya, pala basah mencapai Rp. 33 ribu per kg.

Hal ini diperburuk dengan tidak tersedia uang bagi pengumpul lokal, karena tidak ada uang di tingkatan yang lebih tinggi.

Alja Yusnadi, anggota DPRK Aceh Selatan terpilih mengatakan hal ini harus menjadi salah satu fokus Pemerintah Aceh Selatan, karena pala salah satu sumber penghasilan masyarakat.
“Saya dengar Pemkab Aceh Selatan ingin mengalihkan jenis usaha BUMD Fajar Selatan, dari kontruksi ke perkebunan.

Salah satu sektor yang harus dilakukan oleh Pemkab Aceh Selatan adalah menjamin harga hasil bumi tidak turun jauh karena spekulasi pasar,” katanya.
Di beberapa tempat, pengumpul tidak ada uang, memanfaatkan situasi ini muncullah broker-broker yang punya uang, mereka membeli murah.

Selain itu, pemerintah juga memberikan kemudahan bagi pengusaha lokal untuk mengakses modal usaha.
Kata Alja, jika tidak segera ditangani, hal ini akan menjadi catatan buruknya masyarakat penghasil pala, karena ini bukan kali pertama, tapi sering terjadi menjelang perayaan hari besar.

KURNIA

Sumber: AJNN.NET

Link: http://www.ajnn.net/2014/07/harga-pala-di-aceh-selatan-turun/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar